Kamis, 10 November 2011

Bahaya Es Teh bagi ginjal

Es Teh? Iya es teh manis, kenapa berbahaya? Ini alasannya dikutip dari majalah Nirmala Edisi April 2011, telat namun lebih baik telat daripada tidak sama sekali, kan?
Es teh? Minuman murah meriah yang dikonsumsi oleh setiap orang. Namun tahukah anda bahwa es teh mengandung bahaya bagi ginjal? Nah, terbiasa minum es teh dapat memicu munculnya batu ginjal, terutama pada mereka yang beresiko tinggi seperti para lansia, wanita yang pernah dioperasi pengangkatan indung telur, dan mereka yang diginjalnya telah terbentuk batu.
Adalah penelitian dari Loyola University Chicago Strich School of Medicine yang mengungkapkan bahwa konsumsi es teh berlebihan dapat meningkatkan resiko terbentuknya batu ginjal. Mengapa? Es teh mengandung konsentrasi tinggi oksalat yang memicu pembentukan batu ginjal. menurut Dokter John Milner, Asisten Guru Besar Urologi mereka yang memiliki kecenderungan sakit batu ginjal, sebaiknya tidak minum es teh.
Bagaimana dengan teh panas atau hangat? "Teh panas sebenarnya juga mempunyai efek buruk yang sama, tapi jumlah yang diminum pasti tidak sama banyak dengan minum teh dingin. Artinya seseoarang minum teh panas tidak sebanyak jika Ia minum teh dingin yang menyegarkan terutama dalam cuaca panas" kata Milner.
untuk mengurangi efek buruk tersebut, minumlah teh dengan lemon, karena lemon kaya akan kandungan sitrat yang mampu menghambat pertumbahan batu ginjal. nah, minumlah lemon tea yang jelas lebih sehat terutama bagi ginjal. atau, ya air biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar